Senin, 23 Maret 2015

Jalan-Jalan ke Perpustakaan..



Perpustakaan yang pernah saya kujungi, yaaaa memang belum begitu banyak baru beberapa perpustakaan saja hehe. 

Pertama, saya pernah dan sering berkunjung di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga perpustakaan yang selalu memberikan pelayanan yang baik terhadap pemustakanya yaaaa walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa kadang juga ada pustakawan maupun karyawan yang jutek terhadap pemustaka hehe perpustakaan perguruan tinggi ini adalah salah satu perpustakaan yang koleksinya lengkap selain buku-buku islam dan karya umum perpustakaan ini juga mempunyai koleksi yang kadang tidak dimiliki perpustakaan lain. 

Perpustakaan yang kedua adalah perpustakaan SMP IT Abu Bakar, perpustakaannya bernama Daarul Ilmi saya berkunjung di sana kurang lebih satu tahun yang lalu. Adapun keperluan saya kesana adalah untuk melakukan observasi tetang perpustakaannya. Ada hal yang sangat mengesankan bagi saya. Waktu itu jam istirahat kira-kira pukul 10.00 wib banyak siswa dan siswi yang berkunjung di perpustakaan. Yang membuat saya heran adalah ketika siswa laki-laki berbondong-bondong datang ke perpustakaan untuk sekedar membaca dan meminjam buku tidak ada satupun siswi putri yang ikut. Dan ternyata setelah pustakawan yang ada di perpustakaan tersebut bercerita sya mulai mengetahuinya, jadi kalau ada siswa laki-laiki di perpustakaan maka siswi putri tidak ada yang berkunjung dan sebaliknya apabila siswi perempuan ada di perpustakaan siswa laki-laki juga tidak ada yang berkunjung ke perpustakaan. Lucu bukaaaaaan? Hehe nah lalu pihak perpustakaan pun membuat ruang khusus yaitu ruang baca siswa dan satu lagi ruang baca siswi. Itu salah satu hal yang menarik dari perpustakaan SMP IT Abu Bakar, siswa dan siswi nya ramah dan sangat islami itu yang membuat saya kagum.

Perpustakaan yang ketiga adalah perpustakaan SD Muhammadiyah Bodon, sekitar satu bulan yang lalu saya dan beberapa teman saya melakukan kunjungan ke SD tersebut. Di sana kami melakukan observasi tentang pembinaan minat baca. Perpustakaan ini bernama perpustakaan Kuntum Melati perpustakaan yang baru saja mendapatkan juara 1 nasional ini menjadi tempat favorit anak-anak berkumpul. Fasilitas yang ada di perpustakaan sangat lengkap dan pelayanan yang sudah sangat apik. Banyak kegiatan yang dilakukan diperpustakaan ini di antaranya adalah kegiatan menulis sinopsis, mendongend dan story telling. Selain itu salah satu yang menarik dari perpustakaan ini adalah ketika ada siswa yang setiap bulan rutin meminjam buku dan lebih dari 20 buku pihak perpustakaan akan memberikan hadiah kepada siswa tersebut. Perpustakaan ini menurut saya bisa loh dicontoh oleh perpustakaan sekolah yang lain hehe

Dan yang selanjutnya adalah Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta, perpustakaan yang didalamnya menyimpan banyak koleksi manuskrip aksara jawa dari berbagai cerita dan kisah-kisah masa lampau ada semua disana. Pelayanan yang sangat baik,ramah dan memuaskan. Disana kami sedang melakukan proses pembelajaran klasifikasi literatur aksara jawa bersama teman-teman saya diajak untuk melihat naskah-naskah kuno yang disimpan di balai bahasa. Waoooow saya terkejut naskah-naskah tersebut sangat amat tua umurnya namun balai bahasa masih menyimpan dan merawatnya dengan baik. Salutlah hehe...

Sedikit cerita singkat tentang perpustakaan yang pernah saya kunjungi. Semoga nantinya saya bisa berkunjung diberbagai perpustakaan yang lain. Mari kita semua mencintai perpustakaan karena dengan perpustakaan kita akan mendapatkan informasi dan tentunya banyak pengetahuan. Thanks! #IDKS

1 komentar:

  1. Alhamdulillah..
    Terimakasih atas apresiasinya Mbak Mega..
    kami tunggu lagi kedatangan teman2 ke tempat kami.
    o iya, mohon jika berkenan mampir juga ke blog kami, Perpustakaan Daarul Ilmi SMPIT Abu Bakar Yogyakarta..
    ini alamat blog kami: http://lib.smpit-abubakar.sch.id/

    BalasHapus